Rabu, 26 Januari 2011

Teknologi

Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan komputer begitu juga dengan perlengkapannya, seperti printer dan pembaca sidik jari. Teknologi komputer akan lebih bermanfaat bila digabungkan dengan teknologi informasi. Teknologi informasi meliputi enam teknologi, yaitu teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpan dan teknologi pemroses.
Teknologi komputer dirasakan sangat bermanfaat bagi dunia, fungsinya benar-benar mahadahsyat, misalnya bagi dunia
perbankan, dunia pendidikan, dunia medis, untuk kepolisian, untuk perdagangan elektronis, untuk perancangan produk, dan sebagainya.
Teknologi komputer terbaru jelas berbeda dari teknologi komputer yang berkembang sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan oleh sejalan berkembangnya processor atau otak komputer tersebut, lola (loading lama) atau cepat tanggap.

Teknologi Komputer Terbaru Arah Masa Depan
Cip DSPDigital Signal Processing bermanfaat untuk menangani pemrosesan suara dan
video dengan kecepatan yang sangat cepat. Di masa depan, bisa saja teknologi digunakan untuk membantu sistem pendengaran manusia.
NanoteknologiAtom atau molekul berukuran nanometer dapat digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas-tugas lain yang khusus.
Komputasi optikKomputer di masa depan bisa jadi no electronic, tetapi memakai optik atau optoeelektronik.
Komputasi DNAKomputasi
DNA atau Biochip artinya informasi dapat ditulis ke molekul DNA.
Komputasi kuantumKomputasi kuantum berdasarkan teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan dengan bilangan biner, 0 dan 1, tetapi bisa dinyatakan dengan keadaan partikel dasar.

Teknologi Komputer Terbaru dalam Dunia Medis
Pelopor teknologi komputer adalah John Von Neumann. Seiring berjalannya waktu,
teknologi komputer terbaru telah berkembang di dunia, bahkan sudah semakin maju. Kita akan bersama-sama membahasnya pada salah satu cabang ilmu kedokteran, yaitu radiologi, ilmu yang mempelajari tentang radiasi, terutama di bidang radiodiagnostik dan radioterapi. Teknologi komputer terbaru yang dimasksud adalah CR (Computer Radiologi) dan CT-Scan (Computed Tomography-Scan).

Computer Radiologi (CR) sebagai Teknologi Komputer Terbaru
Keberadaan Computer Radiologi (CR) dalam dunia medis, khususnya bidang radiodiagnostik dan radioterapi sangat bermanfaat. Teknologi komputer terbaru ini menjadikan radiografer lebih mudah menjalankan tugasnya untuk membuat radiograf sebagai
foto rontgen.
Hal ini dikarenakan teknologi komputer terbaru yang bernama CR ini telah menggantikan fungsi dari kamar gelap (Dark Room) sebagai tempat memproses bayangan laten pada film rontgen menjadi bayangan tampak sehingga nantinya foto rontgen tersebut didiagnosis oleh radiolog,
dokter spesialis radiologi.
Sinar x yang menembus objek atau pasien mengalami atenuasi dan sampailah sinar tersebut ke kaset atau imaging plate. Untuk menampilkan gambar, pulsa
listrik pada imaging plate di dalam kaset rontgen tersebut dideteksi oleh sinar infra merah atau barcoding sehingga tampillah gambaran foto rontgen pada layar monitor komputer, yang selanjutnya akan didiagnosis.

Computed Tomography Scan (CT-Scan) sebagai teknologi komputer terbaru
Keberadaan Computed Tomography Scan (CT-Scan) dalam dunia medis, khususnya bidang radiodiagnostik dan radioterapi juga sangat bermanfaat. CT-Scan ini dapat mengetahui informasi tentang
anatomi tubuh manusia lebih detail lagi, slice by slice atau potongan demi potongan tubuh manusia hingga setipis-tipisnya. Proses menjadikan sebuah radiograf dengan melakukan pemeriksaan menggunakan CT-Scan ini diperlukan proses akuisisi data dengan menggunakan teknologi komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar